Kampus Ku : UBB (Universitas Bangka Belitung)


Bertemu lagi dengan gue si mahasiswa sejati, kali ini gue akan memposting sebuah tulisan yang gue himpun dari berbagai sumber yang gue yakin sumber-sumber tersebut dapat dipercaya (Bener deh bukan gue yang bikin, SUMPAH!!!). Postingan ini berisi tentang segala sesuatu hal yang terkait dengan universitas kebanggaan gue. Yang pastinya itu tuh, satu-satunya universitas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Ingat, satu-satunya loh!!!, yang tetangga mah lewat hahaha). Oke langsung aja kita simak,.. Cekidot,…. 

Universitas Bangka Belitung 

Didirikan                          : 12 April 2006 
Jenis                                 : Perguruan Tinggi 
Rektor                              : Prof. DR. Bustami Rahman, MSc. 
Lokasi                          : Kampus Terpadu Balun Ijuk Merawang Kabupaten Bangka, Bangka          Belitung 
Situs web                         : www.ubb.ac.id 

Sejarah

Universitas Bangka Belitung (disingkat UBB) adalah perguruan tinggi negeri di Bangka Belitung, Indonesia. Rektor UBB saat ini adalah Prof. DR. Bustami Rahman, MSc. Sejarah Universitas Bangka Belitung resmi berdiri pada tanggal 12 April 2006. Pendirian ini berbekal Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 52/ /O/ 2006 tertanggal 12 April 2006. 

Pendirian UBB merupakan hasil "penyatuan" dari Politeknik Manufaktur Timah (Polman Timah), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER Bangka), dan Sekolah Tinggi Teknik Pahlawan 12 (STTP 12). Ketiga lembaga tinggi ini sebelumnya memang telah lama berdiri di Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung. Pada tanggal 21 November 2010, Universitas Bangka Belitung resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Penandatanganan prasasti penegerian UBB oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dilakukan di aula Universitas Cendrawasih, Jayapura dalam acara temu BEM Se Nusantara sekaligus peresmian lima Perguruan Tinggi Negeri termasuk Universitas Bangka Belitung. Penegerian Universitas Bangka Belitung mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2010 tentang Pendirian Universitas Bangka Belitung, Universitas Borneo Tarakan, dan Universitas Masamus Merauke 

 Pada Januari 2011, UBB sempat masuk ke dalam peringkat 50 Besar Universitas seluruh Indonesia versi 4 International Colleges and Universities, sebuah web yang sering memberikan update tentang peringkat peringkat webranking seluruh Universitas di seluruh belahan dunia 

Rektor 

Rektor merupakan pimpinan lembaga perguruan tinggi, sebagaimana Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2009, Rektor adalah pimpinan tertinggi perguruan tinggi yang berkewajiban memajukan ilmu pengetahuan di masing-masing institusi melalui pendidikan dan penelitian, serta memberikan kontribusi maksimal kepada hal layak luas. Pada tahun 1950-an dipakai istilah Presiden Universitas untuk menyebut pemimpin universitas namun Presiden RI saat itu, Soekarno, merasa keberatan karena menurutnya hanya ada satu Presiden di Indonesia, yakni Presiden RI sehingga kemudian istilah yang dipakai secara umum adalah Rektor. 

Berikut adalah Rektor UBB, sejak dari berdirinya sampai dengan sekarang : 

1 Prof. DR. Bustami Rahman, MSc. 2006 sekarang 

Fakultas 

Universitas Bangka Belitung sampai tahun 2011 memiliki 5 Fakultas dan 12 Jurusan. 
Fakultas Ekonomi (Jurusan Akuntansi dan Jurusan Studi Manajemen), Fakultas Teknik (Jurusan Teknik Elektro Jurusan, Teknik Mesin, Jurusan Teknik Sipil, dan Jurusan Teknik Pertambangan),  Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi (Jurusan Pertanian, Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan, Program Studi Perikanan dan Program Studi Biologi), Fakultas Hukum (Jurusan Ilmu Hukum) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  (Jurusan Ilmu Sosiologi) 

Kampus Terpadu UBB 

Jumlah mahasiswa yang menuntut ilmu di UBB sampai tahun ajaran 2010/2011 berjumlah lebih dari 3000 orang. Kampus UBB terletak di Kawasan Balun Ijuk, Merawang Kabupaten Bangka yang terdiri dari Fakultas Teknik, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Pertanian ,Perikanan dan Biologi. 

Sementara Rektorat beralamat di Jl. Merdeka Pangkalpinang , Bangka Belitung. Selain itu rencana strategis masa mendatang adalah penerapan Good University Governance dan penerapan sistem jaminan mutu pendidikan untuk seluruh fakultas, Politeknik, dan program studi. Selain itu dalam waktu dekat, akan degera dibangun gedung baru yang berfungsi sebagai gedung rektorat, nantinya gedung ini akan didirikan di kawasan kampus terpadu Balun Ijuk Merawang.

Nah gimana udah pada kenal kana ma kampus gue? Gimana menurut agan-agan? Memang sih kampus ini terhitung masih sebuah kampus yang belum lama berdiri tapi gue jamin deh, untuk kualitas pendidikannya udah didukung ama infrastruktur yang memadai. Apalagi sekarang kampus gue lagi giat-giatnya bangun gedung-gedung baru. Jadi yang ngerasa tertarik sama pengan gabung ama kampus ini, mari cepetan daftar sebelum tiketnya habis (loe pikir konser musik apa?). demikian postingan gue kali ini. Bye,…

Comments

  1. jadi kepengen cepat masuk perguruan tinggi nih !! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus deh moga-moga loe jadi mahasiswa sukses,.. Alamat blog mu apa gan,..

      Delete
  2. kalo ada di share juga dongg universitas yang ada di Malang :D

    ReplyDelete
  3. sekalian share yg di Solo gan

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Thanks gan,.. Kasih alamat bogmu yah,..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perlengkapan Kuliah Yang Wajib diBawa

6 Tips Menghemat Pengeluaran (Uang) Mahasiswa

Permasalahan Mahasiswa dan Solusinya