Permasalahan Mahasiswa dan Solusinya


Hai agan-agan dan nyonya-nyonya sekalian, jumpa lagi dengan gue di dunia mahasiswa sukses ini. Setelah selama 1 minggu gak posting akhirnya pada kesempatan kali ini gue sempetin dulu untuk posting. Pada kesempatan kali ini gue akan posting tentang masalah-masalah yang umumnya dihadapi oleh para mahasiswa dan mahasiswi dalam perkuliahan beserta solusinya. Semoga saja info ini bisa bermanfaat buat agan-agan dan nyonya-nyonya sekalian. Oke deh langsung saja kita menuju TKP. 

1) Mata kuliah yang ribet dan sulit 

Nah kalau ini sih gue jamin, hampir semua mahasiswa mengalami masalah atau kendala yang satu ini. Apalagi jika berhadapan dengan mata kuliah yang ada sangkut pautnya dengan matematika. Wah wah wah,… Siapa coba yang gak pusing liat mata kuliah yang rumusnya ada 1 buku full depan, belakang, atas, bawah, kiri, kanan? Pada dasarnya dalam dunia perkuliahan kita memang dihadapkan untuk menyelesaikan sejumlah mata kuliah yang kita ambil dengan baik. Nah hal ini tentu akan menjadi beban tersendiri bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki kelemahan pada sejumlah mata kuliah. Contohya gue. Gue paling gak ngerti sama mata kuliah aplikasi computer yang hasilnya ketika sedang belajar di kelas mata kuliah aplikasi computer gue gak ngerti apa-apa dan yang lebih menyakitkan lagi pas dikasih tugas gue bahkan gak tau apa maksud dari tugas itu! Walhasil karena tugas itu adalah tugas kelompok gue akhirnya jadi anggota yang cuma numpang nilai dan keberadaan gue kayak enggak dianggap sama anggota yang lain (T,T) hiks,…Tapi tunggu dulu jangan panggil gue mahasiswa sejati kalau gue gak punya solusi untuk masalah ini,…hahahha,…. 

Nah ini solusinya,.. Solusi : Nah bagi agan-agan dan nyonya-nyonya yang gak mau bernasib kayak gue atau udah terlanjur kayak gue (Sabar yah :D) agan-agan dan nyonya-nyonya harus segera mencari rekan, pacar ,saudara, dosen, keluarga, satpam kampus, pedagang bakso langganan ataupun siapa saja yang bisa menjadi tenaga pengajar bagi anda. Mintalah kepada dia untuk mengajari agan-agan dan nyonya-nyonya serta kalau bisa mintalah ia membimbing agan-agan dan nyonya-nyonya untuk segera kembali ke jalan yang benar :D. Selain minta bantuan dari orang lain agan-agan dan nyonya-nyonya juga dapat berkunjung ke perpustakaan ataupun searching di internet untuk mencari referensi dan informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang agan-agan dan nyonya-nyonya hadapi dalam mata kuliah tersebut. 

2) Uang 

Masalah ke 2 ini juga merupakan salah satu masalah yang menurut gue cukup sering dialami oleh para mahasiswa dan mahasiswi terlebih kali jika kita adalah anak kost-kostan yang tiap bulan uangnya dijatah sama emak dan bapak dirumah. Yang namanya kuliah tentu agan-agan dan nyonya-nyonya harus mengeluarkan uang bukan? Baik untuk kost, buku, iuran semester, makan, transportasi dan banyak kebutuhan lainya. Nah untuk menghadapi masalah ini simak deh solusi gue dibawah ini : 

Solusi : Kerja. Nah kalau agan-agan dan nyonya-nyonya mau punya uang untuk memenuhi kebutuhan yang seabrek yah jelas agan-agan dan nyonya-nyonya harus kerja. Gak mungkin kan agan-agan cuma berharap dari orang tua ataupun berharap dari beasiswa yang agan-agan dan nyonya-nyonya terima. Setidaknya dengan bekerja agan-agan dan nyonya-nyonya dapat memenuhi sebagian kecil kebutuhan agan-agan dan nyonya-nyonya sekalian hitung-hitung meringankan beban orang tua gitu. Selain bekerja untuk menghadapi masalah keuangan agan-agan dan nyonya-nyonya juga wajib hukumnya untuk mampu mengatur pengeluaran agan-agan dan nyonya-nyonya sekalian dengan bijak. Mulai deh untuk tidak membeli barang-barang yang kurang bermanfaat bagi agan-agan dan nyonya-nyonya 

3) Relationship alias Hubungan 

Yang namanya kuliah tentu bukan hanya agan-agan dan nyonya-nyonya sendiri pasti ada orang lain di kelas, baik itu rekan agan-agan dan nyonya-nyonya, dosen bahkan mahluk-mahluk lainya yang tidak perlu saya sebutkan. Hiiii,…. Serem,.. Nah didalam kelas itu pula, terkadang saat kita menjalin hubungan baik itu dengan rekan ataupun dosen bisa saja kita akan bertemu dengan yang namanya koflik alias perdebatan. Yang paling sering sih konflik sama dosen. Tapi tidak menutup kemungkinan juga agan-agan dan nyonya-nyonya akan berkonflik dengan rekan-rekan kuliah yang lain. 

Solusinya : Bersabarlah. Buat agan-agan dan nyonya-nyonya sekalian apabila bertemu dengan yang namanya konflik baik dengan dosen ataupun rekan kuliah lebih baik bersabar saja lah dari pada agan-agan dan nyonya-nyonya sekalian saling cek-cok atau bahkan saling adu jotos kayak petinju di ring. Toh yang menang dan kalah sama-sama rugi kok. Menang jadi kodok kalah jadi tikus. :D sama sama gak enak kan? Dan jika seandainya masih bisa dibicarakan maka bicarakan saja masalah tersebut dengan kepala dingin jadi konfliknya gak akan bertambah rumit. Sukur-sukur malah bisa memberi manfaat positif. 

Oke deh itu dulu postingan gue kali ini akhir kata gue ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Comments

  1. klo ane susah untuk kerja, padahal ada niat. tapi ane kurang bisa bagi waktu gan T.T
    jadi gimana solusinya tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusinya agan bisnis kecil-kecilan aja gan. asal ada niat pasti bisa gan

      Delete
  2. Betul banget..relationship penting bgt gan..

    ReplyDelete
  3. makasih artikelnya gan,,, bagus,, dari boytrek

    ReplyDelete
  4. wah ane masih smp gan

    ReplyDelete
  5. wah, artikernya sangat bermutu gan

    ReplyDelete
  6. wh thanks infonya gan , tpi lebih baik kalau buat post dikasih jump break gan

    ReplyDelete
  7. jadi inget masa masa kuliah nih saya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa-masa kuliah emang menyenangkan mbak. :)

      Delete
  8. Aku pernah kuliah dibsi.tpi semester lima q cuti.karna q lagi hamil..waktu q mau msk lgi..q telat daftar ulang..kata y bisa..msk ge tpi byr mahal...q bingung...gmana thu sob???

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perlengkapan Kuliah Yang Wajib diBawa

6 Tips Menghemat Pengeluaran (Uang) Mahasiswa