6 Tips Menghemat Pengeluaran (Uang) Mahasiswa


Jumpa lagi di Dunia Mahasiswa Sukses. Tidak terasa kita telah memasuki akhir bulan Januari di tahun 2015. Ngomong-ngomong tentang akhir bulan alias tanggal tua biasanya banyak diantara kita yang mulai pusing memikirkan kondisi keuangan yang semakin terbatas. Apalagi bagi sebagian orang yang menjalani masa kuliah sebagai seorang anak kost. Sudah pasti masa-masa seperti ini adalah saat dimana ia harus mengatur uang sehemat mungkin agar tidak rugi alias tekor diakhir bulan. Menjadi seorang anak kost ketika kuliah tentu akan sangat jauh berbeda jika dibandingkan ketika menjalani hidup sebagai anak SMA yang setiap saat dapat meminta uang kepada orang tua. Ketika menjadi anak kost tentu kita dituntut untuk bersikap lebih mandiri baik dari segi mental dan kemampuan dalam mengatur pengeluaran bulanan. Tentu hal yang lumrah, mengingat ketika kuliah kita telah menjadi seorang manusia dewasa bukan lagi seorang remaja apalagi anak kecil yang membutuhkan bantuan orang tuanya disegala hal. Nah, ngomong-ngomong tentang tanggal tua tersebut, admin Dunia Mahasiswa Sukses telah merangkum sejumlah tips atau cara bagi para pembaca khususnya para mahasiswa untuk menghemat pengeluarannya di tiap bulan. Berikut 6 Tips Mengatur dan Menghemat Pengeluaran (Uang) Mahasiswa

1. Berusahalah Untuk Mendapatkan Beasiswa Jika ada yang bilang sulit mencari beasiswa ketika kuliah, itu sepenuhnya salah! Kenapa? Tentunya apa yang admin katakan tersebut memiliki alasan yang kuat bukan hanya sekedar omong kosong, karena sebenarnya ada banyak jenis beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa. Tidak percaya? Silakan anda cari di Google jika tidak percaya. Kembali lagi ketopik kita tadi, secara logika dapat kita sadari dengan mendapatkan beasiswa sudah pasti keuangan kita akan sangat terbantu karena setidaknya dana yang didapatkan dari beasiswa tersebut dapat kita gunakan untuk menghemat pengeluaran kita. Selain itu beasiswa tersebut dapat kita gunakan untuk membayar biaya kuliah atau memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Oleh karena itu mulailah berburu beasiswa yang disediakan kampusmu atau instansi lain. 

2. Buatlah Daftar Skala Prioritas Kebutuhan Mulailah berpikir untuk menentukan mana saja kebutuhan yang harus segera dipenuhi dan kebutuhan mana yang masih dapat ditunda. Ambillah secarik kertas dan tulislah sejumlah kebutuhan yang harus segera anda penuhi. (Baca Juga : Perlengkapan KuliahYang Wajib Dibawa) Dengan membuat skala prioritas anda akan dapat mengatur keuangan anda dengan lebih bijak terlebih jika anda adalah seorang mahasiswa yang memiliki uang yang terbatas. Niscaya dengan membuat daftar skala prioritas, pengeluaran anda akan menjadi lebih hemat. 

3. Mulailah bekerja sampingan atau bisnis kecil-kecilan Siapa bilang kuliah tidak bisa sambil bekerja atau berbisnis? Nyatanya ada banyak mahasiswa yang menjalani kuliah sambil bekerja atau berbisnis, bahkan ada banyak pengusaha sukses yang merintis karir bisnisnya sejak kuliah. (BacaJuga :Alternative Bisnis Bagi Para Mahasiswa) Dengan berbisnis anda setidaknya bisa mendapatkan sedikit penghasilan sekaligus mengasah bakat dan pengetahuan anda dalam berbisnis. Selain itu, dengan berbisnis kehidupan kita sebagai mahasiswa tentu akan terasa lebih bermakna karena setiap ilmu yang kita dapatkan di bangku kuliah dapat kita terapkan secara langsung dalam dunia bisnis. 

4. Mulailah memasak sendiri Jika anda memiliki peralatan masak yang memadai, saya rasa pilihan yang tepat jika anda memasak sendiri. Jika dihitung-hitung, dengan memasak sendiri kita bisa menghemat 2rb-5rb rupiah setiap makan. Lagipula bagi para mahasiswi, saya rasa tips ini bisa dijadikan ajang yang tepat untuk mengasah kemampuan memasak mereka mengingat dimasa depan mereka adalah calon ibu rumah tangga. 

5. Budayakan Hidup Sehat! Lebih sehat lebih hemat. Mungkin slogan tersebut sangat tepat khususnya bagi para mahasiswa. Bayangkan jika selama kuliah anda sering sakit-sakitan akibat pola hidup yang tidak sehat. Tentu akan banyak isi kantong anda yang terkuras untuk biaya pengobatan. Oleh karena itu mulailah hidup sehat! Jangan merokok, begadang berlebihan, atau terlalu sering mengkonsumsi mie instan. Mulailah memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan berolahraga secara rutin. 

6. Menabung Nah, jika diakhir bulan anda memiliki sisa uang maka ada baiknya anda menabung uang tersebut walaupun jumlahnya sedikit. Ingatkan dengan peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit? Sebagai mahasiswa terkadang kita sering dihadapkan pada kondisi dimana kita membutuhkan sejumlah uang secara mendadak seperti laptop yang tiba-tiba rusak dan harus segera diperbaiki. Jika kita memiliki tabungan maka kita dapat mengggunakan uang tersebut sehingga kita tidak harus menggunakan uang makan kita.

Comments

  1. Bermanfaat gan , soalnya ane boros wkwkwk

    ReplyDelete
  2. cuma nomer 3 yang belum bisa ane praktekin :D

    susah cari sampingan kerja

    ReplyDelete
  3. Keren gan sangat bermanfaat sekali nih hihihi :)
    by : afs17-knowledge

    ReplyDelete
  4. bermanfaat sekali gan, soalnya ane mahasiswa hasil beasiswa n nyoba nyari receh diblog hehe

    ReplyDelete
  5. Kalo saya biasanya nabung, tapi kalo udah jajan gak bisa berenti :D Tipsnya lumayan nih, biar saya bisa lebih hemat :D Thanks :)

    ReplyDelete
  6. nyimak dulu gan.. buat persiapan kuliah nanti.. hehe

    ReplyDelete
  7. sangat bermanfaat gan...

    ReplyDelete
  8. I go to your bloggers and do not forget the commentary as well as in the follow. later after that I will go to your bloggers behind you ..

    ReplyDelete
  9. saya mahasiswa tapi alhamdulillah kampusnya deket rumah ,, tips yg bermanfaat gans. . . .

    ReplyDelete
  10. kalau saya mungkin dua minggu langsung habis

    ReplyDelete
  11. yang susah dapet beasiswanya itu lho :v

    ReplyDelete
  12. Mantap gan.sangat bagus utk para mahasiswa baru

    ReplyDelete
  13. kalo gk pande masak gimana gan ???

    ReplyDelete
  14. berguna bgt buat kita-kita sbg anak kuliahan gan tipsnya..

    ReplyDelete
  15. berguna bgt buat kita-kita sbg anak kuliahan gan tipsnya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perlengkapan Kuliah Yang Wajib diBawa

Permasalahan Mahasiswa dan Solusinya