Hebat! Mahasiswa UGM Sulap Ubi Kayu Jadi Sereal!


Dunia Mahasiswa Sukses - Tidak salah sepertinya jika kita menganggap UGM sebagai basisnya mahasiswa berprestasi diIndonesia. Kreativitas dan Inovasi cemerlang sepertinya telah menjadi nilai lebih yang dimilki oleh setiap mahasiswa UGM. 

Mungkin kreatifitas dan inovasi cemerlang tersebut sepertinya juga di miliki oleh 5 mahasiswa dan mahasiswi UGM ini. Mereka adalah Anisa Dian Safitri, Sigit Dwi Cahyono, Ahmad Syukron dari Fakultas Teknologi Pertanian dan Cerah Bintara Nurman serta Ervaningsi dari Fakultas Pertanian. Dengan kreatifitas dan kecerdasan mereka, ke 5 mahasiswa dan mahasiswi ini sukses mengolah ubi kayu menjadi tepung mocaf yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti tepung gandum. 

“Adanya tepung mocaf ini diharapkan dapat meminimalisir ketergantungan Indonesia terhadap impor gandum”, ujar Sigit Dwi Cahyono. Selain itu mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian ini juga memaparkan sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh tepung mocaf ini diantaranya selain memiliki struktur serat pendek yang memudahkannya dicerna oleh usus, tepung mocaf juga ternyata aman dikonsumsi oleh penderita autis dan alzheimer karena tidak mengandung gluten. “Tepung ini juga tidak banyak menyerap minyak goreng sehingga mampu menghemat penggunaan minyak goreng, “ ujar Sigit. 

Kreatifitas ke 5 mahasiswa dan mahasiswa ini tak berhenti hanya sampai disitu. Setelah sukses mengolah ubi kayu menjadi tepung mocaf mereka kemudian terus berinovasi dan akhirnya sukes memanfaatkan tepung mocaf sebagai bahan baku utama dalam pembuatan sereal untuk anak-anak balita. Sereal yang memiliki merek dagang Seremoni ini menggunakan bahan baku tepung mocaf dan tepung kacang merah. “Untuk memenuhi kebutuhan protein kami menambah tepung kacang merah dalam pembuatan sereal ini,” kata Anisa Dian Safitri yang turut mendampingi Sigit. 

Saat ini sereal Seremoni dan tepung mocaf memang belum dipasarkan tetapi kedepan diharapkan keberadaan 2 produk kreatif ini dapat dikembangkan kearah bisnis.

Comments

Popular posts from this blog

Perlengkapan Kuliah Yang Wajib diBawa

Permasalahan Mahasiswa dan Solusinya

6 Tips Menghemat Pengeluaran (Uang) Mahasiswa