SNMPTN 2015 Resmi Dibuka! Buruan Daftarkan Diri Kalian!


Jumpa lagi di Blog Dunia Mahasiswa Sukses. Pada kesempatan kali ini admin membawa sebuah kabar gembira khususnya bagi para adik-adik di SLTA yang ingin melanjutkan pendidikannya diperguruan tinggi negeri. Pada penasaran bukan apa kabar gembiranya? Ini nih kabar gembirannya.(Baca juga : Universitas Buddhi Dharma, Universitas Buddhis Pertama di Tangerang) Sama seperti beberapa tahun sebelumnya, ketika telah mendekati pelaksanaan Ujian Nasional (UN) maka setiap siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah dapat melakukan pendaftaran untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan atau yang lebih dikenal dengan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). SNMPTN sendiri adalah salah satu bentuk jalur penerimaan mahasiswa untuk perguruan tinggi negeri, selain program mandiri dan penyaluran minat bakat melalui sekolah-sekolah serta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. 

 Selain itu, SNMPTN merupakan seleksi nasional yang didasarkan pada penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai-nilai rapor dari semester I sampai dengan semester V serta prestasi-prestasi lainnya. Tetapi perlu di ingat, sebelum mengikuti SNMPTN ada tahapan yang harus dilalui oleh sekolah yaitu kewajiban untuk mengisi Pendaftaran Pangkalan Data Siswa dan Sekolah atau yang lebih dikenal dengan singkatan PDSS. Nah kabar gembiranya untuk tahun 2015 ini, PDSS akan dibuka dari tanggal 22 Januari 2015 sampai dengan 8 Maret 2015 diwebsite resmi panitia SNMPTN 2015. Adapun website resmi dari SNMPTN adalah www.SNMPTN.ac.id. Setelah tahap proses pendaftaran PDSS oleh sekolah, setiap siswa telah dapat melakukan pengisian data untuk menjadi peserta SNMPTN tahun 2015 secara mandiri. Dan didalam tahap itu, setiap siswa dapat memilih tiga (3) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diinginkan. Setelah mengikuti rangkaian proses tersebut setiap pendaftar akan mendapatkan sebuah ID Card yang harus diprint out sebagai bukti bahwa ia telah terdaftar peserta SNMPTN tahun 2015. Di ID Card tersebut terdapat biodata yang telah diisikan oleh peserta. 

Nah ada satu hal yang harus admin tekankan kepada adik-adik sekalian. Usahakan ketika mengisi data tersebut lakukan seteliti mungkin. Jangan sampai ada data yang salah ketik maupun data yang tidak sesuai dengan data yang tertera di arsip-arsip penting lainnya. Misalnya ketika adik-adik mengisi nama, tanggal lahir, atau apapun data lainnya, pastikan data tersebut sama persis dengan yang tertera di Surat Lahir maupun Kartu Keluarga. Tetapi apabila telah terlanjur mengalami kesalahan masih ada kok cara untuk memperbaikinya. Yaitu adik-adik harus segera melapor kepada Kepala Sekolah dan segera melakukan perbaikan. (Baca Juga : Ingin Kuliah? Kenali Perbedaaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi) Berbicara tentang SNMPTN ini, admin ingin berbagi sebuah kisah menarik. Admin sendiri pada dasarnya merupakan seorang mahasiswa yang saat ini menjadi bagian dari sebuah universitas negeri berkat mengikuti SNMPTN ini. Wah, kalau bicara SNMPTN ini enak sekali teman-teman. Soalnya melalui SNMPTN ini, kita dapat masuk ke sebuah perguruan tinggi idaman kita tanpa perlu repot-repot untuk mengikuti serangkaian test potensi akademik dan berbagai macam test lainnya yang sangat menguras waktu, tenaga, pikiran serta kantong tentunya. 

Dan satu lagi yang harus kalian ketahui bahwa semua prosedur pendaftaran SNMPTN tidak berbayar alias GRATIS! Enak banget bukan? Tetapi selain kenangan manis tersebut, admin juga pernah mengalami sebuah kisah yang kurang baik yang tentunya berkaitan dengan SNMPTN. Ternyata ketika mengisi data Admin, pihak sekolah melakukan sebuah kesalahan yang cukup fatal yaitu salah memasukan nama admin. Kalau dibaca sih tetap sama tetapi abjad yang tertera berbeda dengan abjad yang sebenarnya. Dan ternyata masalah itu terus berlanjut ketika admin telah diterima di unversitas tersebut. Untungnya saat ini masalah tersebut sudah terselesaikan dengan baik. Nah gimana? Tertarik kan dengan SNMPTN? Buruan deh daftarkan diri kalian untuk segera mengikuti SNMPTN 2015. Good Bye,…

Comments

  1. Pelajar SMA numpang lihat - lihat aja gan :D , mungkin bisa berguna bagi kakak kelas dalon :)

    ReplyDelete
  2. udah q follow gan, di tunggu follbacknya di http://sangmujur.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. sangat berguna nih, kebetulan adik sya mau dftr Snmptn 2015

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perlengkapan Kuliah Yang Wajib diBawa

Permasalahan Mahasiswa dan Solusinya

6 Tips Menghemat Pengeluaran (Uang) Mahasiswa