Tips Sukses Kuliah Diluar Negeri


Kuliah diluar negeri mungkin menjadi sebuah impian bagi beberapa orang. Merasakan dunia pendidikan yang berbeda menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para peminatnya. Tetapi tentunya sebelum memutuskan untuk kuliah diluar negeri ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, mengingat bahwa ketika berada diluar negeri akan ada banyak perbedaan yang kita hadapi baik dari segi bahasa, makanan, kultur, dan berbagai macam hal lainnya. Tentu kita tidak ingin hal-hal tersebut menjadi masalah dikemudian hari, bukan? Oleh karena itu, admin blog Dunia Mahasiswa Sukses telah merangkum sejumlah tips atau cara bagi anda yang ingin kuliah diluar negeri. Berikut Tips atau cara kuliah diluar negeri menurut admin blog Dunia Mahasiswa Sukses. 

 1. Bahasa Bahasa tentu menjadi salah satu aspek utama yang harus kamu pertimbangkan dan kamu persiapkan dengan sebaik mungkin. Bahasa inggris harus menjadi bahasa yang benar-benar fasih di lidahmu mengingat bahasa inggris adalah bahasa pengantar utama di dunia. Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk kuliah diluar negeri ada baiknya anda mengikuti kursus bahasa inggris agar anda menguasai bahasa inggris baik dari aspek lisan maupun tulisan secara optimal. 

 2. Makanan Mungkin tidak semua orang menganggap makanan merupakan sebuah aspek yang harus dipertimbangkan secara matang sebelum kuliah diluar negeri. Tetapi apabila makanan yang ada di negara tempat anda kuliah ternyata tidak cocok dengan lidah anda mungkin anda harus memutar otak untuk bagaimana mengatasi masalah tersebut. Membeli sayuran dan daging segar dipasar untuk dimasak sendiri? Mungkin adalah salah satu cara yang dapat anda lakukan. Memilih negara yang memiliki makanan yang cocok dengan lidah dan ketentuan agama yang anda anut mungkin dapat menjadi sebuah alternatif pilihan yang menarik. 

3. Keuangan Persiapkan uang yang cukup mengingat tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit ketika kuliah diluar negeri. Oleh karena itu ketika kuliah, gunakan uang anda dengan seefektif dan seefisien mungkin agar anda tidak mengalami masalah keuangan ketika kuliah diluar negeri. Tetapi apabila ternyata kebutuhan anda sangat banyak dan mendesak mungkin bekerja paruh waktu dapat menjadi salah satu alternatif bagi anda. Restoran dan café-café diluar negari biasanya sangat welcome terhadap para pelamar kerja paruh waktu. 

 4. Kesehatan Jika tubuh kita sehat maka seluruh aktivitas dapat kita jalani dengan baik termasuk kuliah. Jika memiliki penyakit bawaan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter keluarga sebelum anda kuliah diluar negeri . Hal ini sangat penting karena ketika anda kuliah dinegara lain maka anda akan jauh dari sanak saudara sehingga ketika sakit anda harus merawat diri anda sendiri. 

 5. Budaya Tidak bisa dipungkiri budaya negara asalmu dengan negara lain sangatlah berbeda. Terlebih jika anda berasal dari belahan bumi timur yang ternyata memutuskan untuk kuliah dinegara belahan bumi barat atau sebaliknya, tentu anda akan menghadapi perbedaan budaya yang sangat mencolok baik dari segi pakaian, kebiasaan, gaya bicara, cara makan, dan berbagai segi lainnya. Maka untuk menghadapi perbedaan tersebut ada baiknya anda mencari tahu dulu bagaimana kebiasaan, gaya bicara, cara makan dan hal-hal lainnya di negara tujuanmu. Dengan mengetahui bagaimana budaya dinegara tempat anda kuliah maka anda akan menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dan melebur bersama penduduk setempat dengan budaya yang mereka anut. 

 6. Keamanan Yap, hal ini harus anda pertimbangkan secara masak-masak. Cari tahu dan kenali terlebih dahulu bagaimana kondisi politik, hukum dan stabilitas negara tempat anda akan kuliah. Jangan sampai negara tujuan anda kuliah adalah negara yang sedang mengalami krisis keamanan atau mungkin negara yang memiliki tingkat kriminalitas yang tinggi karena keamanan tetap menjadi sebuah prioritas utama ketika anda sedang menempuh pendidikan dinegara lain. 

 7. Persiapkan Mental Jauh dari keluarga dan sahabat yang tercinta tentu akan kita rasakan ketika kuliah diluar negeri. Jika sebelumnya setiap hari kita dapat bercengkeramah dengan keluarga dan sahabat tercinta mungkin setelah kuliah diluar negeri kita hanya dapat berkomunikasi dengan mereka melalui telepon maupun email. Bagi sebagian orang hal ini dapat sangat menyiksa terutama ketika awal-awal kuliah tetapi seiring dengan waktu perlahan-lahan anda pasti akan terbiasa hidup mandiri. Jika anda rindu dengan orang terkasih mungkin anda dapat menghubungi mereka lewat telepon untuk sekedar menanyakan kabar atau berbincang santai dengan mereka atau mungkin jika anda memiliki kondisi keuangan yang mapan anda dapat pulang kenegara anda tercinta dimusim liburan.

Comments

  1. hmmm , jadi pengen kuliah di luar negeri :) , semoga keturutan deh , amin :)

    ReplyDelete
  2. Ketika baca artikel ini teringat akan impian untuk kuliyah di al azhar cairo

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perlengkapan Kuliah Yang Wajib diBawa

Permasalahan Mahasiswa dan Solusinya

6 Tips Menghemat Pengeluaran (Uang) Mahasiswa